Kamis, 14 September 2017

Burayot Makanan Tradisional Khas Dari Garut

Burayot Makanan Tradisional Khas Dari Garut

Burayot datang dari bhs sunda yang berari kue itu memiliki bentuk menggelantung, serta makanan ciri khas ini kita dapat dapatkan di daerah Garut yang berada di lokasi Kec. Leles, Kadungora, Wanaraja. 

Makanan ini terbuat berbahan Gula merah, Tepung Beras, Kacang Tanah, Minyak Kelapa yang lewat sistem memerlukan saat yang tidaklah terlalu cukup lama untuk hasilkan 1 kue Burayot. 

Obyek wisata Candi Cangkuang/Situ Cangkuang adalah lokasi yang cukup populer dengan produksi makanannya Burayot bahkan juga sempat di liput di satu diantara Stasiun TV Swasta, oleh karenanya Cangkuang Leles adalah daerah yang cukup di kenal dengan Burayotnya, dibanding Kadungora serta Wanaraja. 

Bila kita menginginkan menjumpai kue Burayot dadakan dapat di temui di pasar- pasar, contoh pasar Kadungora kita dapat beli kue Burayot yang dadakan masih tetap panas seperti kue Balok, lebih enak di makan panas - panas, dengan menanti sebagian menit akhirnya kemudian kita dapat tunjukkan rasa-rasanya. 

Mendekati Lebaran umumnya kue ini diproduksi di setiap Tempat tinggal untuk di mengkonsumsi sendiri di waktu Lebaran tiba, ada pula yang diproduksi spesial untuk dijual dengan jumlah produksi yang cukup besar, umumnya penuhi pesanan mendekati Lebaran seperti kopi luwak

Burayot lebih enak di santap Dadakan dibanding dengan Kue Burayot yang sudah di kemas serta dijual di toko - toko, yang mungkin saja rasa-rasanya agak cukup berlainan di karna kue tersebut di taruh terlebih dulu. 

Bahan baku Kue Burayot begitu memengaruhi rasa Burayot sendiri, contoh pemakaian Gula merah yang berlainan dapat hasilkan rasa yang berlainan, oleh karenanya pembuatan Kue Burayot tidak sembarang memakai bahan yang sama, karna kwalitas bahan awal bertindak perlu. 

Mudik ke Garut mendekati Lebaran tentu tidak aneh sekali lagi bila di hidangkan kue Burayot dan Kopi luwak bila berkumpul dengan keluarga atau bersilaturahmi ke Tempat tinggal rekan/tetangga sekedar untuk bercakap nikmati cuaca dingin Garut dengan nikmati kue Burayot Dadakan atau Burayot yang sudah di hidangkan didalam piring serta semacamnya. 

Garut populer dengan ciri khas kulinernya terkecuali Dodol yang mendunia Burayot juga butuh di pertimbangkan walau banyak sekali lagi seperti Endog Lewo, Kurupuk Asoy, Ranginang, kopi luwak dll 

Mudah-mudahan Burayot lebih dikenal di taraf Nasional gampang - mudahan hingga Inetrnasional serta dapat berkompetisi dengan makanan dari luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar