Kamis, 14 September 2017

Harumnya Akar Wangi khas Garut

Harumnya Akar Wangi khas Garut

Kabupaten Garut, Jawa Barat, nyatanya tidak cuma di kenal dengan domba, jaket kulit, jeruk, kopi luwak dan dodol. Garut juga mempunyai bermacam makanan ciri khas yang unik serta menarik untuk dicoba. Salah nya ialah kerajinan Akar wangi. 

Mungkin saja belum juga banyak yang mengetahui tanaman yang satu ini. Akar wangi namanya. Tanaman ciri khas sebagai kebanggaan Kota Garut. 

Akar wangi yang masih tetap satu keluarga dengan serai serta padi ini memiliki nama ilmiah Vetiveria zizanioide. Akar wangi cuma tumbuh subur di tiga lokasi didunia, yaitu Haiti, Jamaika, serta Indonesia, persisnya di Garut. 

Dalam bagian kesehatan, akar wangi seringkali digunakan jadi obat sakit gigi, rematik, serta pembasmi bau mulut. Bahkan juga, daun serta batangnya dapat juga dipakai untuk bahan baku kerajinan. Sebagian kerajinan yang di buat dari akar wangi salah satunya tas serta pajangan. 

Terkecuali jadikan bahan beragam kerajinan, akar wangi juga dipakai jadi bahan pembuat aroma therapy. Hal semacam ini karena akar wangi memiliki kandungan minyak asitri yang berperan melemaskan syaraf otak serta anggota badan. 

Jadi penghasil akar wangi paling besar di Indonesia, Garut memasok akar wangi ke semua nusantara. Bahkan juga, akar wangi dari Garut juga di-import ke sebagian negara tetangga seperti Malaysia serta Singapura. 

Di Garut, ada sentra oleh-oleh yang spesial jual beragam product olahan dari akar wangi. Untuk Anda yang menginginkan mencari beragam kerajinan yang terbuat dari akar wangi, datanglah ke Graha Kriya Zocha. 

Ada di Jalan Pakuwon No 1, tempat ini sediakan product akar wangi yang telah dikemas menarik jadi kerajinan yang bermacam. Ditempat ini, Anda dapat juga pesan sesuai sama selera karna Zocha adalah tempat berkumpulnya beberapa perajin akar wangi. 

Masalah harga, Zocha tawarkan harga yang bervariatif, dari mulai beberapa puluh ribu hingga beberapa ratus ribu rupiah. Semuanya bergantung type kerajinan serta tingkat kerumitan pada sistem membuatnya. 

Jadi, bila Anda bertandang ke Kota Garut, tak ada kelirunya bertandang ke Graha Kriya Zocha. Terkecuali memperoleh oleh-oleh ciri khas Garut yang berlainan, Anda juga memperoleh aroma yang menentramkan waktu bertandang ke sentra akar wangi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar