Kamis, 14 September 2017

Opak Bungbulang Oleh-oleh Khas Garut

Opak Bungbulang Oleh-oleh Khas Garut

Kabupaten Garut, Jawa Barat, nyatanya tidak cuma di kenal dengan domba, jaket kulit, jeruk, kopi luwak dan dodol. Garut juga mempunyai bermacam makanan ciri khas yang unik serta menarik untuk dicoba. Salah nya ialah kerupuk Opak bugbulang. 

Bungbulang yaitu nama daerah yang ada di kota Garut, Jawa Barat. Bila mendengar kata Bungbulang, tentu Anda teringat pada batu akik Bungbulang. Tetapi janganlah salah, Bungbulang bukan sekedar mengenai batu akik, Bungbulang juga memiliki camilan khasnya yakni Opak Bungbulang. 

Opak Bungbulang mempunyai kelebihan yang berlainan dengan daerah yang lain, keitimewaan Opak Bungbulang ini terdapat pada rasa, langkah membuatnya serta memiliki bentuk yang lebih menarik di banding opak dari daerah yang lain. Menjaga cita rasa yang ciri khas serta original, buat oleh-oleh Bungbulang sampai saat ini tetap masih berproduksi, bahkan juga oleh-oleh Bungbulang cukup terkenal, baik di lokasi Jawa Barat bahkan juga tuturnya, oleh-oleh Bungbulang juga memiliki pasar di banyak wilayah luar Jawa. 

Seperti biasanya opak, Opak Bungbulang terbuat berbahan beras ketan. Ketan untuk berbahan mesti berkwalitas baik. Sesudah dicuci ketan dibuat 1/2 masak dengan kandungan air yang tidaklah terlalu banyak. Maksudnya supaya adonannya tidak jadi lembek. Ketan itu lalu dibuat sampai jadi nasi. Sesudah jadi nasi, bahan opak ini ditumbuk di jubleg dengan alu yang ujungnya dililit tambang erpin supaya adonan ketan tidak menempel. Dalam sistem penumbukan ini, adonan ketan dibubuhi garam seperlunya serta saripati kelapa. 

Saripati kelapa itu sebelumanya mesti dibuat hingga mendidih serta mengental. Cara membuat Opak Bungbulang yang masih tetap memakai langkah yang tradisionil serta di buat segera oleh tangan, membuatnya aman di mengkonsumsi oleh beragam kelompok karna tidak memiliki kandungan bahan beresiko, seperti bahan pengawet serta yang lain. Adonan lalu dibuat jadi gelondongan kecil, lantas dipotong-potong dalam ukuran spesifik. Potongan tersebut yang lalu dibuat jadi opak serta digepeng-bulatkan dengan selobong bambu yang terbungkus plastik. 

Opak mentah itu lalu dijemur dengan alas tikar gebang atau ayakan hingga kering. Opak mentah kering ini dimaksud babanggi. Babanggi lalu ditusuk dengan kawat serta dibakar di perapian. Langkah membakarnya persis membakar sate yang perlu dibolak-balik supaya opak terbakar dengan rata. Opak dipandang sudah masak bila telah tampak menguning serta mengembang. Opak Bungbulang mempunyai rasa yang enak serta renyah. Bila Anda menginginkan lihat segera cara membuat camilan ini, Anda bisa datang segera ke Kecamatan Bungbulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar