Kamis, 14 September 2017

Ini Sejarah Batik Garutan

Ini Sejarah Batik Garutan

Kabupaten Garut, Jawa Barat, nyatanya tidak cuma di kenal dengan domba, jaket kulit, jeruk, kopi luwak dan dodol. Garut juga mempunyai bermacam makanan ciri khas yang unik serta menarik untuk dicoba. Salah nya ialah Batik Garutan. 

Histori Batik Garut datang dari warisan nenek moyang, yang berjalan dengan turun temurun, serta sudah berkembang cukup lama sebelumnya masa kemerdekaan Indonesia. Sampai pada th. 1945 Batik Garut makin popular dengan sebutan Batik Catat Garutan, yang alami masa kejayaan pada th. 1967 – 1985. Tetapi karna terbatasnya bahan, serta modal dan lemahnya startergi pemasaran yang diaplikasikan, jadi beberapa penerus generasi dari Batik Garut alami penurunan. Karna ada persaingan perebutan yang cukup hebat dari produsen batik beda yang memakai tehnik lebih moderen seperti mesin printing dalam membuatnya. 

Tetapi seni batik tetaplah tumbuh “subur” di Indonesia serta di kenal oleh semua susunan serta kelompok, bila anda cermati tak ada perubahan yang mencolok pada product batik terdahulu dengan yang ada pada sekarang ini, karna penentuan bahan, corak serta langkah membuatnya masih tetap memakai “resep” yang dipakai oleh pembatik zaman dulu, karna “resep” yang cukup sederhana jadi batik jadi seni serta kerajinan yang gampang untuk dipelajari banyaknya orang. Cuma mungkin saja sedikit dibutuhkan kecermatan, kesabaran serta kreatfitas untuk hasilkan batik yang memiliki kwalitas baik. 

Batik garutan biasanya dipakai untuk kain sinjang, tetapi berperan juga untuk penuhi keperluan sandang serta yang lain. Bentuk motif batik Garut adalah cerminan dari kehidupan sosial budaya, falsafah hiup, serta kebiasaan istiadat orang Sunda. Motif-motif batik Garut didatangkan berupa geometrik jadi keunikan macam hiasnya, diluar itu bermotif flora serta fauna. Bentuk geometrik biasanya menghadap ke garis diagonal serta bentuk kawung atau belah ketupat. Warnanya diominasi oleh warna krem digabungkan dengan beberapa warna cerah yang lain yang disebut karakter ciri khas batik garutan. Sekarang ini pemrosesan btik garutan terkonsentrasi di Garut kota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar