Rabu, 21 Maret 2018

Dodol Garut Picnic: Oleh-oleh Khas Istimewa yang Melegenda

Dodol Garut Picnic: Oleh-oleh Khas Istimewa yang Melegenda

Bila mendengar kata dodol, apa yang pertama kali keluar di fikiran Anda? Rerata orang Indonesia juga akan menjawab “Garut”. Kota sisi daerah Jawa Barat itu memanglah populer jadi produsen dodol, makanan ringan hasil olahan santan kelapa serta gula merah. 

Banyak entrepreneur dodol serta toko yang jual dodol di Garut. Karna banyak, Garut dikatakan sebagai Kota Dodol-nya Indonesia. Tetapi, diantara banyak merk dodol yang berada di Garut, ada satu merk yang menguasai pasar dodol di Garut. Namanya, Dodol Picnic. 

DODOL PICNIC KHAS KOTA GARUT 
Dodol yaitu makanan ringan atau makanan ringan yang terbuat dari santan kelapa, gula merah, tepung ketan, gula pasir, serta garam. Perlu saat yang lama serta bahan berkwalitas untuk buat dodol yang betul-betul enak. Dodol yang enak, mempunyai rasa yang manis serta gurih hingga disenangi beberapa orang. 

Tetapi, bersamaan dengan perubahan jaman serta perubahan selera orang-orang, dodol alami inovasi rasa. Dodol yang awalannya cuma merasa gurih serta manis, saat ini berkembang dengan terdapatnya menambahkan rasa buah-buahan. 

Di Indonesia, dodol yang populer enak serta terjamin kenikmatannya berada di Garut. Satu diantara merk dodol yang di kenal beberapa orang yaitu Dodol Picnic. Dodol yang di buat mulai sejak beberapa puluh th. itu mempunyai histori yang panjang. 
AWAL MULA PANGANAN DODOL GARUT 
Berawal dari H. Iton Damiri, yang lihat kesempatan usaha menghasilkan dodol di Garut. Ia mulai buat dodol pada 1949 dengan taraf home industry. Dalam menggerakkan usahanya itu ia cuma mempunyai lima pegawai. Distribusinya juga masih tetap terbatas, yakni di ruang Garut saja. Merk pertama dodol rumahan tersbeut bukanlah Picnic, tetapi Halimah. Pada 1950, merk dodol yang lain juga di produksi, yiatu Fatimah. 

Tidak lama, pabrik produksi dodol punya H. Iton Damiri beralih, dari Jalan Gunung Payung ke Jalan Ciledug. Untuk meningkatkan usahanya, ia juga lakukan banyak inovasi serta pembenahan, dari mulai kwalitas bahan, pengemasan product, sampai pelebaran ruang distribusi sampai ke kota-kota besar di Jawa. 

Usaha yang diawali dari taraf rumahan itu berkembang cepat. Sampai pada 1957, H. Iton Damiri mengajak adiknya, Aam Mawardi, untuk bekerja bersama. Perusahaan produsen dodol dengan nama Herlinah juga lahir. Merk dagang yang awalannya Halimah, Purnama, serta Fatimah juga ditukar jadi Picnic. 
PERKEMBANGAN BISNIS DAN PRODUCT DODOL PICNIC 
Rasa dodol yang awalannya cuma manis gurih, ditambah dengan rasa buah serta membuat rasa baru yang unik serta disenangi beberapa orang. Paket product yang awalannya polos serta sempat ditiru, saat ini jadi makin berwarna. Sistem distribusi yang dahulu cuma di lokasi Garut saja, berkembang ke semua kota besar di Indonesia. 

Saat ini, Dodol Picnic bukan sekedar populer di Indonesia saja. Tiap-tiap ada wisatawan asing yang bertandang ke Garut, nyaris senantiasa membawa oleh-oleh Dodol Picnic. Selain itu, Dodol Picnic juga melayani pemesanan diluar Indonesia dengan on-line lewat website jual beli Amazon. Dengan popularitas yang tinggi itu, Dodol Picnic telah jadi product tradisionil dengan potensi serta nilai jual yang tinggi. 

Bila Anda bertandang ke Garut, Anda dapat beli Dodol Picnic sekalian lihat sistem membuatnya dengan segera. Harga yang didapatkan juga terjangkau yakni mulai Rp 21. 000, - dengan varian rasa serta pengemasan yang bermacam. 

VARIAN PRODUCT DODOL PICNIC 
Ada empat varian product Dodol Picnic yang di tawarkan, yaitu Dodol Picnic Classic (Dodol Picnic Classic serta Dodol Picnic Classic Baru), Dodol Picnic Special Bermacam Rasa (Dodol Picnic Special Bermacam Rasa, Dodol Picnic Special Gift Bermacam Rasa, serta Dodol Picnic Special Gift Sachet Bermacam Rasa), Dodol Piknik Special Bermacam Buah (Dodol Picnic Special Bermacam Buah, Dodol Picnic Special Gift Bermacam Buah, serta Dodol Picnic Special Gift Sachet Bermacam Buah), serta Dodol Picnic Curah (Dodol Picnic Classic Curah, Dodol Picnic Bermacam Rasa Curah, Dodol Picnic Bermacam Buah Curah, serta Dodol Picnic AB serta AR Curah All Varian).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar