Rabu, 21 Maret 2018

Ini Peyeum Lumer yang Bikin Ngiler

Ini Peyeum Lumer yang Bikin Ngiler

Bila mendengar kata ‘Peyeum’ (tape), pastinya ingatan kita segera ke Bandung. 

Heheh, tapi ini bukanlah peyeumpuan Bandung, ini makanan ciri khas orang Jawa Barat terutama Bandung. 

Ya, peyeum di Jawa barat telah tidak asing lagi, ada dua peyeum yang di kenal warga Jawa barat, satu peyeum sampeu (memiliki bahan singkong) serta yang ke-2 yaitu peyeum ketan (memiliki bahan beras ketan, dapat putih biaa juga hitam). 

Telah terbayang kan bentuk serta ketidaksamaannya?. Ya telah kita ceritain maknyosnya ketan hitam yang disandingkan dengan es cream super wow dari gudangnya batu akik, Kabupaten Garut. 

Bukanlah lagi peyeum ketan, peyeum sampeu atau peyeumpuan sebutannya, kesempatan ini warga Garut ini menamakan makanan itu dengan sebutan Peyeum Lumer. 

Sruppp, lumer bo!, seperti apa gitu. Janganlah kemana saja dahulu, yang diceritain ini yaitu peyeum dipadukan eskrim. Umum saja ya?. 

Hahahah, tidak juga, disini, Akbar sang penjual malah mempertemukan peyeum berlainan keturunan itu dalam satu tempat temani rumput laut. Sesudah semuanya aman dalam satu tempat, es krin juga siap melunerkan bermacam peyeum itu. 

Gelasnya tetaplah tidak lumer gan. Sesuai sama selera, sesudah es cream umumnya diguyur susu kental manis. 

Bila siang tiba, peyeum lumer ini super istimewa di dalam kemarau panjang yang menempa Jawa barat dua bln. terakhir. 

Terkecuali rasa ciri khas dari peyeum, penjual yang supet kreatif ini juga menaikkan rasa beda, seperti rasa nangka, strawbery, oreo serta orginal. 

Dalam dua tahun terakhir, kedai di Jalan Ahmad Yani Kabupaten Garut itu ramai dikunjungi, tidak kecuali kelompok selebriti, seperti Reza Pahlevi, Charly Van Hauten serta Rani Permata. 

Harga nya yang hanya Rp9000 telah dapat milih rasa coklat, vanila, atau apa pun sesuai sama selera. 

Untuk anda pengagum es cream, Peyeum Lumer ini mungkin saja pilihan. Waktu lihat sistem membuatnya, penjual awal mula memasukan es cream, sejuk rasa-rasanya terbanyang, kemudia dia input peyeum singkong, emh, agak asem-asem manis kelihatannya, lantas masuk peyeum ketan yang rasa-rasanya manis agak anget. Wuih tenggorokan mulai bergetar di dukung lidah yang mulai lumer. 

Kekekekek, ditutup kentalnya susu yang meresap ke tiap-tiap pori-pori peyeum serta memberi warna gelas tidak sangat tinggi. Duh ngiler ni. 

Segera saja deh cobain di eks bioskop Sumbersari Jalan Ahmad Yani Garut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar