Selasa, 20 Maret 2018

Sambal Cibiuk

Sambal Cibiuk 

Apakah teman dekat semuanya sempat melalui kota Garut Jawa Barat? bila anda mudik/pulang kampung dari Jakarta atau Bandung menuju ke Jateng atau ke jawa timur serta lewat jalur selatan tentu membaca tulisan Sambal Cibiuk tentu penasaran seperti apa sich sambal cibiuk itu serta apa bedanya dengan sambal yang lainnya..?? bila penasaran singgah saja ha.. ha. haa..!!! (ko' jadi iklan). Memanglah bila masalahya perut telah lapar di dalam jalan serta lihat iklan tempat tinggal makan bawa'anya menginginkan masuk serta makan sejumlah banyak hingga " mblendang perutnya " (bhs mana tuch.. mblendang)
Masih tetap penasaran ya dengan Sambal Cibiuk, sambal ini menurut saya sedikit aneh serta berlebihan karna bahan bahanya mentah semuanya, dan ciri khasnya ada penambahan kencur serta terasi pilihan, selalu bagaimana caranya membuatnya? yuk kita kumpulkan bahan bahan resepnya... 

Beberapa bahan untuk buat sambal cibiuk : 

* 2cm Kencur 
* 5 pucuk Daun Kemangi 
* ½ sendok teh Garam 
* 3 buah Tomat Hijau, lalu anda potong kasar 
* 10 buah Cabai Rawit Hijau 
* ½ sendok teh Terasi, lalu anda bakar 

Nyatanya bahan bahan yang diperlukan cukup mudahkan, tapi bila telah jadi serta dikonsumsi rasa-rasanya ma'nyusss...!!! selalu bagaimana caranya membuatnya? ikuti petujuk berikut ini : 

Langkah buat sambal cibiuk ciri khas garut : 
* Sediakan cobek (cowet/layah) serta uleg uleg 
* Pertama anda haluskan terlebih dulu cabai rawit, bawang merah, kencur, terasi serta garam. 
* Lalu anda masukan irisan tomat hijau, serta digabung aduk sampai bumbu menyatu sembari di tumbuk perlahan biarlah kasar (jangan pernah hancur) 
* Paling akhir Berikan daun kemangi, serta tumbuk kasar juga. 
Jreng... jreng...!!! Sambal cibiuk siap dihidangkan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar