Selasa, 13 Maret 2018

Renyahnya Kerupuk Kulit dan Dorokdok Garut

Renyahnya Kerupuk Kulit dan Dorokdok garut
SELAIN dodol, Garut juga populer dengan beragam olahan yang terbuat dari kulit. Salah nya ialah kerupuk kulit serta dorokdok ciri khas Garut. Kerupuk kulit serta dorokdok yaitu makanan tradisionil ciri khas Kota Garut yang rasa-rasanya tidak ada duanya. 

Makanan ini berkembang bersamaan dengan adanya banyak penyamakan kulit di kabupaten Garut karna pada sistem penyamakan ada sisi berbahan baku kulit yang dibuang serta tidak dibuat. 

Kerupuk kulit serta dorokdok semacam tapi berbeda. Kerupuk kulit terbuat dari kulit kerbau asli pilihan, diracik dengan rempah-rempah asli Indonesia serta bumbu-bumbu seperti bawang putih, ketumbar, kunir, asam jawa, garam, gula merah, serta yang lain. 

Mengenai kerupuk dorokdok, atau orang mengatakannya dorokdok saja, terbuat dari kulit sapi pilihan. Sistem membuatnya nyaris sama juga dengan kerupuk kulit. 

Kerupuk kulit Garut serta dorokdok sekalipun tanpa ada bahan pengawet serta diolah begitu higienis. Sistem pelaksanaannya menelan saat cukup lama, yakni lima hari sampai 1 minggu. 

" Yang paling lama itu yaitu sistem awalannya, yakni membuat kulit mentah, di rebus, serta dijemur jadi kulit kering yang siap digoreng, " kata H Hinda Japar, entrepreneur toko oleh-oleh Pusaka JS di Jalan Ahmad Yani, Garut Kota, baru saja ini. 

Jadi camilan, kerupuk kulit serta dorokdok mempunyai rasa original serta pedas. Ke-2 rasa ini begitu pas untuk temani Anda di perjalanan atau jadi pelengkap makan mi bakso. 

" Keunikan kerupuk kulit serta dorokdok Garut itu ada beragam rasa. Manis, asam, asin, gurih, serta pedas telah ada pada kerupuk itu. Lain dengan product luar, " tutur Hinda. 

Disebutkan Hinda, dari dua rasa yang umum di jual, yakni original serta pedas, sekarang ini rasa pedaslah yang paling disenangi di market. Yang berminat terlebih wanita. " Bila cewek umumnya paling sukai yang pedas. Mereka umumnya memborong. Rasa-rasanya memanglah mengagumkan, " ujarnya 

Hinda menyebutkan, kerupuk kulit serta dorokdok asli Garut mempunyai kekhasan rasa serta struktur dibanding product asal Jawa timur yang saat ini cukup banyak di jual. 

" Kerupuk kulit serta dorokdok ciri khas Garut umumnya di buat dengan tangan, bukanlah mesin. Walau memiliki bentuk tidak teratur, ditanggung ini tanpa ada bahan pengawet hingga lebih alami, " kata Neneng, perajin kerupuk kulit yang telah menekuni usaha ini mulai sejak th. 80-an. 

Satu paket kerupuk kulit seberat 250 gr cuma di bandrol Rp 8. 000. " Tapi kerupuk dorokdok harga nya sedikit mahal di banding kerupuk kulit. Satu bungkusnya Rp 13. 000. Masih tetap begitu terjangkau lah, " kata Dilla, salah seseorang penjual kerupuk kulit serta dorokdok di lokasi Jalan Ahmad Yani Garut. 

Kerupuk kulit serta dorokdok ciri khas Garut ini ada dalam sebagian ukuran dan merk dagang. Sebagian type yang populer yaitu Pada Sono, Pusaka, Pada Seneng, HWY, Hikmah, Iti Kurih, serta sebagian merk beda. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar