Selasa, 20 Maret 2018

RESEP BASO ACI/ CILOK REBUS ASLI GARUT

RESEP BASO ACI/ CILOK REBUS ASLI GARUT

Baso aci? Tau dong say. Makanan ini adalah salah satu makanan khas kota Intan Kabupaten Garut. Baso yang berisi tetelan sapi atau cincang ayam ini emang endess banget, kuahnya yang gurih ditambah dengan pedasnya sambel rawit. HAH maknyoosssss.

Kalo bunsay pergi ke Kota Garut bunsay akan banyak menjumpai pedagang baso aci. Tapi kalo harus ke Garut jauh dong, jangan khawatir bunsay saya akan memberikan resep yang mudah banget dengan bahan bahan yang mudah juga ditemui di warung terdekat. Cekidot

BAHAN BAHAN

- 500 GRAM TEPUNG KANJI/ ACI/SAGU

- 250 GRAM TEPUNG TERIGU 

- 3 SIUNG BAWANG PUTIH

- 5 SIUNG BAWANG MERAH

- 1 BATANG BAWANG DAUN

- CABE RAWIT

- MERICA secukupnya

- GARAM secukupnya

- MINYAK GORENG secukupnya

- TETELAN REBUS (untuk isian)

- AYAM CINCANG (untuk isian)



PELENGKAP:

- SAOS SAMBEL

- KECAP MANIS

- JERUKLIMO



CARA MEMBUAT :

Sebelum membuat bakso aci. Terlebih dahulu kita akan menyiapkan isi baksonya ya. Boleh paketetelan sapi. Boleh juga pake ayam cincang.

Pertama tama rebus dulu tetelan sapi dengan menggunakan garam. Lalu potong kecil kecil. sisihkan. 

Untuk ayam cincang. siapkanbwang putihcincang lalu goreng bwang putihdengan sedikit minyak. Masukan ayam cincang. Beri garam merica lalu tumis sampaimatang. sisihkan.Nah isian bakso aci siap digunakan. Lanjut ke adonan baksonya.

1. Pertama tama siapkan wadah untuk mencampur adonan tepung aci dan terigu sesuai takaran diatas ya bunsis. Jangan lupa beri garam dan bumbu penyedap/ royco dan merica. Aduk.

2.Didihkan air bersih kurang lebih 1 gayung. catatan penting HARUS BENAR BENAR MENDIDIH, karena jika kurang panas maka kemungkinan besar adonan akan gagal.  

3. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit ke adonan. dan aduk menggunakan spatula kayu, Hati hati ya karena airnya sangat pasan bunsay.Lakukan terus sampai adonan bisa di cetak. Pake tangan aja bun diaduknyasampai kalis. kasih sedikit minyak agartidak lengket. Adonan pun siap dicetak.

4. Cetak adonan dan isi bagian dengan daging yang sudah di olah tadi. Ini opsionalya bun. Klopunengga ada daging bunda boleh bikin tanpa isian. Tetep maknyos ko:)

5. Siapkan rebusan air di panci besar. Masukan air yang banyak sampai mendidih.  Masukan baso aci yang tadi sudah di cetak ya. Tunggu sampai mengapung. Kalo udah mengapung berarti baso matang. Lakukan sampai selesai. Sisihkan.

6.Siapkan lagi panci besar berisi air mendidih Masukan baso yang udah matang tadi. Masukan bawang daun garam merica rawit sekalian.Cicipirasanya sampaiterasa pas.

7. Tumis bawang merah dan bawang outih yang sudah di iris tadi menggunakan minyak secukupnya. Jika sudah kering masukan tumisan bawangbeserta minyaknyakedalam panci berisibaso.

8. Taraaa basoaci pun siap santap. Maukan kedalam mangkuk beri saus, kecap, perasan jeruk limo. Hmmmmm nyammmiii. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar