Rabu, 21 Maret 2018

Ladu Garut yang Cocok untuk Suatu Acara

Ladu Garut yang Cocok untuk Suatu Acara

Ladu yaitu satu diantara makanan ciri khas dari Garut, persisnya di daerah malangbong. Oleh karenanya makanan ini seringkali dimaksud Ladu Malangbong. Panganan ini memanglah masih tetap relatif asing di telinga orang-orang luas tapi ladu malangbong begitu populer di daerahnya. 

Di buat dari beras ketan serta dibuat demikian rupa buat makanan ini berlainan dengan makanan yang lain dengan memiliki bentuk serta cita rasa yang unik. Saat digigit makanan ini merasa kenyal serupa dodol, tapi yang membedakannya yaitu ladu mempunyai struktur yang agak kasar hingga memiliki sensasi sendiri saat menelannya. Untuk travelmate yang suka pada makanan manis harus coba makanan yang satu ini, olahan tepung ketan yang digabungkan dengan gula putih serta gula aren merah dan kelapa yang sudah diparut juga akan memanjakan lidah anda. 

Ladu Malangbong ini telah ada mulai sejak th. 1930, di buat pertama kalinya di Malangbong oleh seseorang ibu rumah-tangga yang bernama Ibu Musti’ah. Ibu Musti’ah yaitu seseorang sosok ibu yang begitu trampil dalam buat camilan, seperti Noga, Kue Satu dari tepung ketan, manisan kalua jeruk, teng-teng dari kelapa serta lain-lainnya. Ladu jadi satu diantara makanan yang dikreasikannya. 


Ketika tersebut Ladu Ketan mulai disukai karna rasa yang ciri khas oleh orang-orang, terlebih dikalangan beberapa orang terhormat seperti beberapa beberapa petinggi di Malangbong sana. Saat ini, Ladu Malangbong mulai dikomersilkan serta di pasarkan dengan luas sampai sekarang ini. Bentuk ladu juga berbagai macam. Ada yang berupa segitiga, ada juga yang berupa lonjong dengan ukuran besar. Nah, untuk ladu ukuran besar ini, travelmate harus memotongnya dahulu. 

Untuk memperoleh Ladu Malangbong ini tidak susah. Travelmate tak perlu jauh-jauh ke Malangbong, daerah penghasil ladu nya. Saat ini telah banyak toko oleh-oleh yang jual ladu ini. Untuk sekedar camilan tidur sampai larut malam atau bebrapa bercakap dengan rekan serta keluarga, ladu sangat pas bila digabungkan dengan teh hangat. Hmmm… tertarik? So, janganlah lupa ya bila bertandang ke Garut beli ladunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar