Rabu, 21 Maret 2018

Es Goyobod, Es Campur Khas Garut

Es Goyobod, Es Campur Khas Garut

Hari panas memanglah paling asik minum es yang dingin, tenggorokan rasa-rasanya jadi lega, adem. Di Garut ada es campur unik, namanya Es Goyobod. Es Goyobod ini satu diantara kuliner ciri khas Garut. Nama goyobod ini terdengar asing di telingaku. Bila telah begini umumnya perasaan blogger yang menyukai menginginkan tahu he.. he.. segera keluar, serta mesti mencari info. Untungnya sang penjual ramah banget serta ingin narasi. 

Dari bercakap dengan si ibu penjual Es Goyobod di sentra industri kulit di lokasi Sukaregang, Garut didapat sedikit narasi mengenai pembuatan es ini. Goyobod itu satu diantara unsur es campur. Goyobod terbuat dari tepung sagu aren yang digabung santan hingga mengental. Teksturnya jadi serupa jelly. Rasa-rasanya kenyal namun lembut, nyaris serupa dengan struktur cincau. Ada pula beberapa orang yang buat modifikasi, goyobod di buat dari tepung hunkwee. Di mangkok saji berikut ini, goyobod itu yang berwarna abu-abu. 


Posisi penyajian Es Goyobod itu begini sirop dituang dalam gelas saji isikan dengan potongan goyobod, pacar cina, alpukat serta kelapa muda. Lantas tuangi santan, berikan roti tawar serta es serut, bila sukai dapat ditambahkan susu kental manis. Es Goyobod siap dihidangkan. Cukup mudah kan resepnya, cobalah buat sendiri yuuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar