Rabu, 21 Maret 2018

Rengginang : Kerupuk Nasi Favorit, Teman Santapan Utama

Rengginang: Kerupuk Nasi Favorit, Teman Santapan utama


Tidak selama-lamanya nasi itu dinanak, kenyataannya nasi ini dibikin kerupuk. Rengginang yaitu kerupuk yang begitu populer di Garut. Rengginang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan lewat cara dijemur dibawah panas matahari, lantas digoreng dengan minyak goreng dalam jumlah yang banyak. 

Agak berlainan dari type kerupuk beda yang biasanya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan hingga bentuk butiran nasi atau ketannya masih tetap terlihat. Jadi sering rengginang di buat dari nasi sisa yang tidak termakan, lantas dijemur serta dikeringkan untuk lalu digoreng serta jadikan rengginang. 

Rengginang umumnya di jual jadi kerupuk mentah, hingga mesti digoreng terlebih dulu. Seperti peranan kerupuk biasanya, rengginang juga enak dikonsumsi jadi rekan makanan paling utama. Nasi serta sayur juga akan begitu nikmat bila ditemani rengginang. 

Di Jawa Tengah dikenal juga penganan yang sama yang dimaksud intip, yaitu kerak nasi sisa menanak yang menempel pada dandang yang lalu dikeringkan serta digoreng. Ketidaksamaan pada intip serta rengginang cuma ukurannya. Intip memiliki ukuran semakin besar dari pada rengginang karna diciptakan dari dandang atau periuk penanak nasi. 

Rengginang bisa digoreng tanpa ada di beri bumbu ataupun rasa, asin atau manis. Ada type rengginang yang di beri rasa dengan udang, terasi, atau kerang lorjuk (kerang bambu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar